Maghfirah Islamic Leadership Boarding School

Dr. Ahmad Hatta LC, MA

Anak Anda adalah aset termahal anda, maka jadikan mereka mampu membahagiakan anda dunia dan akhirat.

Tentang MILBoS

Maghfirah Islamic Leadership Boarding School (MILBoS) adalah sekolah menengah yang didirikan oleh Dr. Ahmad Hatta, MA, dalam upaya mewujudkan keinginan untuk menghidupkan kembali sistem pendidikan berbasis fitrah anak sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Keinginan ini berangkat dari keyakinan bahwa ajaran Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW dan umatnya adalah tuntunan hidup untuk manusia yang sangat sesuai dengan fitrahnya sepanjang zaman. Karena itu sistem pendidikan yang dibangun oleh Rasulullah SAW juga sangat sesuai dengan fitrah manusia.

Dengan sistem pendidikan yang demikian Rasulullah SAW berhasil melahirkan generasi terbaik sepanjang sejarah manusia, yakni Generasi Sahabat.

Berangkat dari keyakinan ini MILBoS bertekad untuk menggali khazanah tradisi Rasulullah SAW dalam pendidikan dan mempraktikkannya dalam program pendidikan di sekolah ini. 

Previous
Next

Tujuan Pendidikan

“Wahai Tuhan kami jadikan pasangan dan anak-anak kami sebagai Qurratul A’yun (penyejuk mata dan hati) dan jadikan kami Imam (pemimpin) bagi orang bertakwa.” (QS. Al-Furqan [25]: 74)

 

Visi & Misi

VISI

Menjadi Lembaga Pendidikan yang mampu melahirkan para pemimpin masa depan yang Islami untuk mewujudkan Khoiru Ummah (umat terbaik).

MISI

  • Mengembangkan pendidikan ala Rasulullah saw yang mendidik dengan hati dan fokus pada potensi anak.

  • Membangun kepribadian dan tradisi hidup sesuai dengan sunnah Rasulullah saw. Semua aktivitas dilakukan berdasarkan dalil-dalil yang kuat dan jelas.

  • Membentuk karakter kepemimpinan yang kuat dalam diri anak didik sehingga pantas jadi pemimpin dalam berbagai bidang kehidupan.

Dr. Ahmad Hatta LC, MA

Sekolah semestinya tempat cerdas belajar hidup bukan hanya cerdas jawab soal ujian.

NIlai - Nilai

Jujur

Sikap jujur merupakan apa yang keluar dari dalam hati nurani setiap manusia dan bukan merupakan apa yang keluar dari hasil pemikiran yang melibatkan otak dan hawa nafsu.

Ikhlas

Upaya mewujudkan ikhlas bisa tercapai, bila kita mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan jejak Salafush Shalih dalam beramal dan taqarrub kepada Allah.

Bertanggung jawab

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku dan perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sesuatu sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Komitmen

Komitmen merupakan salah satu unsur dimensi dalam pro-aktivitas, ia lahir dari akal dengan berpikir yang disadari. Kesadaran bukan di otak, tetapi berpusat dihati. Hati adalah alat untuk menghayati, oleh karena itu komitmen merupakan hasil kerja hati dengan penghayatan.

Kesatria

Jiwa ksatria adalah jiwa “fastabiqul khairat” untuk mendapatkan kemuliaan di sisi Allah. Dalam mencapai kemuliaan tersebut, dia tidak mempunyai perhitungan lain kecuali menggapai tujuan yang paling puncak, yaitu pengorbanan untuk Allah

Professional

Semangat kerja dan etos profesionalisme seorang muslim tidak hanya berkembang karena ada tuntutan realitas empirik masyarakat modern, melainkan dilandasi oleh semangat keberagaman sebagai bagian dari amal saleh yang menjadi prasyarat ketakwaannya.

Inovasi

Inovatif yaitu Kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru." "Berpikir inovatif yaitu Proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif."

Rencana Pengembangan

Dalam rencana induk Yayasan Maghfirah Bina Ummah (YMBU), pendidikan MILBoS  berlangsung selama 6 tahun, terdiri dari 3 tahun di tingkat MTs dan 3 tahun di tingkat MA.

Sebelum YMBU mendirikan dua tingkat sekolah itu, YMBU telah lebih dulu mendirikan Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Islam (STIPI) Maghfirah, yang para lulusannya disiapkan untuk menjadi guru pada MTs dan MA MILBoS. Alhamdulillah STIPI telah melahirkan 2 angkatan lulusan sekolah tinggi ini.

Atas dukungan banyak pihak, lahir MTs MILBoS yang mulai menerima siswa baru tahun ajaran 2019-2020. Pada masa awal ini MTs MILBoS baru menerima siswa putra. Insya Allah pada tahap berikutnya MTs MILBoS juga akan menerima siswa putri.

Sambil melakukan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan tingkat MTs, YMBU juga tengah mempersiapkan pendirian MA MILBoS, baik untuk siswa putra maupun putri.

Tentu saja untuk mewujudkan rencana pengembangan tersebut dibutuhkan sarana yang baru, khususnya lahan baru untuk pendirian sekolah dan asrama bagi siswa putri. Karena itu doa dan dukungan dari berbagai pihak sangat dinantikan YMBU. 

Share
Tweet
Share
Pin
0 Shares