MILBoS Selenggarakan Seminar Parenting “Pendidikan Ala Rasulullah”

MILBoS kembali menyelenggarakan Seminar Parenting bertema “Pendidikan Ala Rasulullah” pada bulan November lalu. Sebelumnya MILBoS telah menyelenggarakan seminar serupa pada awal tahun 2019.
Dokumentasi Humas Milbos

MILBoS kembali menyelenggarakan  Seminar Parenting bertema “Pendidikan Ala Rasulullah” pada bulan November lalu. Sebelumnya MILBoS telah menyelenggarakan seminar serupa pada awal tahun 2019.

Seminar yang menampilkan pembicara utama Ustadz DR. Ahmad Hatta, MA ini dihadiri para orangtua dan calon siswa dari berbagai daerah. “Seminar ini kami adakan dalam rangka open house MILBoS. Kebanyakan peserta seminar berasal dari Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Namun ada juga yang dari luar Jawa, di antaranya dari Kalimantan dan Papua,” jelas Bagus Rizky, Kepala SMP MILBoS. “Mereka yang datang dari jauh itu, kami inapkan di guest house yang terdapat di Kampung Maghfirah ini.

Pada kesempatan tersebut Ustadz Ahmad Hatta memaparkan metode pendidikan anak dengan mengacu pada sistem pendidikan yang diterapkan Rasulullah kepada para sahabat beliau. “Pendidikan Rasulullah sangat memperhatikan fitrah seorang manusia. Mengembangkan potensi anak. Setiap anak diyakini punya kelebihan. Tidak ada satu pun sahabat Rasulullah yang tidak berkembang potensinya. Mereka berkembang menjadi orang-orang hebat dalam bidangnya masing-masing,” papar alumnus Universitas Islam Madinah ini.

Berangkat dari fakta sejarah tersebut, MILBoS menerapkan sistem pendidikan yang fokus pada student-centered, kolaboratif, selalu memiliki konteks dan aplikatif di masyarakat. “Sehingga hasilnya dapat membahagiakan orangtua dan anak, di dunia dan di akhirat,” tambah Ustadz Ahmad Hatta.

Seminar kali ini juga menghadirkan Ludjeng Lestari, S.Pd, MM, pakar pendidikan dalam bidang neuroscience. Pada sesi kedua itu Ludjeng memaparkan metode neuroscience dalam bentuk stimulasi berfikir logis untuk membangun life skills melalui aktifitas pembelajaran. “InsyaAllah metode ini akan diterapkan di MILBoS, mengingat metode ini sangat sesuai dengan pendekatan belajar Sentra by Project yang saat ini berjalan di MILBoS,” sambut Kepala SMP MILBoS.

Pada saat para orangtua mengikuti seminar, anak-anak diajak bermain dan belajar di lingkungan sekolah MILBoS. Mereka diperkenalkan dengan sistem moving class pada kelas sentra, mempraktekkan ibadah harian sesuai sunnah, serta bereksperimen di kelas sentra IPA dengan menggunakan berbagai peralatan modern yang dipadukan dengan ide-ide dalam menggunakan barang yang dapat ditemukan sehari-hari. Anak-anak juga diajak mentadabburi alam ciptaan Allah, mulai dari mengklasifikasikan tanaman bunga, tanaman hias dan buah-buahan serta serangga dan binatang lain yang ada di lingkungan sekolah MILBoS.

Usai seminar dan tadabbur, anak-anak memandu orangtuanya masing-masing meninjau berbagai sarana yang terdapat di lingkungan sekolah MILBoS.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of